Jl. Arjuna No.37, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80232

Partnership 081238236898 (Tegar) | Donation 081901000271 (Desy) bali@seribuguru.org

Serunya Traveling & Teaching 5

Komunitas 1000 Guru Bali mengadakan Traveling And Teaching (TnT) ke-5 pada 27 – 28 Agustus 2016 di SDN 5 Ringdikit, Kabupaten Buleleng, Bali. Kegiatan TnT kali ini terbilang istimewa dan dilakukan serentak oleh seluruh regional 1000 Guru di Indonesia karena bertepatan dengan hari jadi 1000 Guru yang ke-4. Hal yang spesial juga bagi saya karena diberikan kesempatan untuk berpartisipasi kembali dalam TnT yang dilaksanakan oleh 1000 Guru Regional Bali. Turut serta dalam kegiatan TnT, merupakan pengalaman yang luar biasa bagi saya.

Bercerita tentang pengalaman saya sebagai volunteer, dimulai saat hari keberangkatan, kami harus berkumpul tepat pukul 04.00 WITA di lokasi meeting point yang telah ditentukan oleh panitia. Hal ini dikarenakan jarak tempuh yang cukup jauh sehingga diperlukan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di lokasi TnT. Perjalanan kami kali ini mendapat bantuan dari TNI berupa 2 buah armada bus.

tnt5-1  IMG_7059  tnt5

Kami tiba di Desa Ringdikit pukul 08.35 WITA, namun kami harus menyeberangi sungai yang cukup lebar untuk dapat sampai di SDN 5 Ringdikit. Sungai di Desa Ringdikit terkadang memiliki volume air yang cukup besar dan deras sehingga tak jarang ketika musim penghujan, banyak adik-adik di SDN 5 Ringdikit tidak dapat pergi sekolah. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya fasilitas berupa jembatan untuk menyeberangi sungai tersebut yang akhirnya mengharuskan mereka menyeberangi sungai dengan berjalan kaki. Kondisi ini tentu sangat berisiko bagi adik-adik disana jika tidak berhati-hati ketika menyeberangi sungai. Beruntungnya saat kami tiba di sana, volume air sungai sedikit dan tidak deras, sehingga memudahkan kami untuk menyeberangi sungai dan memindahkan logistik ke SDN 5 Ringdikit.

tnt5-3  IMG-20160830-WA0132  tnt5-2

Cuaca yang cerah, udara yang bersih, dan air sungai yang segar sangat melekat dalam benak saya. Hangat sinar matahari pagi dengan pemandangan sawah yang menghijau menemani perjalan kami menuju SDN 5 Ringdikit. Saya dapat melihat adik-adik SDN 5 Ringdikit beserta para guru melambai-lambaikan tangan menyambut kami dari kejauhan. Semakin dekat semakin terlihat senyum sumringah di wajah mereka membuat kami tidak sabar untuk mengajar dan bermain dengan mereka. Setelah mendapat sambutan dari Kepala Sekolah, saya dan teman-teman memasuki kelas sesuai pembagian. Saya mendapat bagian mengajar di kelas 4 bersama dengan 4 orang rekan saya. Kondisi ruang kelas cukup membuat kami terenyuh. Jika dibandingkan dengan ruang kelas pada umumnya di area perkotaan, ruang kelas 4 di SDN 5 Ringdikit dapat dikatakan sangat jauh dari kata baik. Dengan meja-meja yang rusak, pintu yang jebol dan lepas, kelas masih beralaskan semen. Tetapi satu hal yang patut diacungi jempol. Meskipun dengan kondisi yang sangat minim, hal itu tidak mematahkan semangat adik-adik di SDN 5 Ringdikit untuk belajar. Kami mengajar topik “Tanah Air Indonesia (Mengenal letak geografis daerah di Indonesia).”

IMG-20160830-WA0178  tnt5-4  tnt5-5

Pada saat mengajar, kami menemukan beberapa kesulitan terutama saat menjelaskan bagaimana cara menulis “garis Khatulistiwa” dan juga artinya, namun kami cukup bangga dengan mereka semua yang sebagian besar aktif dan menerima apa yang kami jelaskan. Saya merasa sangat bahagia melihat senyum dan tawa yang tersirat di wajah polos mereka. Setelah kegiatan mengajar, kami mengajak adik-adik untuk menulis “love letter” dan “pohon impian”. Kami juga berbicara dari hati ke hati dengan adik-adik di sana. Setelah berbincang-bincang saya menyadari satu hal, bahwa banyak sekali hal tentang hidup yang dapat kami pelajari dari adik-adik SDN 5 Ringdikit. Belajar untuk bersyukur dan menghargai apa yang telah kita miliki saat ini. Karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama seperti yang kita dapatkan. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian donasi dan melempar balon sebagai penutup kegiatan di siang hari.

IMG-20160830-WA0154  IMG-20160830-WA0182  IMG-20160830-WA0186

Kegiatan kami di malam hari adalah merayakan ulang tahun 1000 guru yang ke 4 tahun dengan menyalakan lilin bertuliskan “4 th 1000 GURU” dan menyalakan kembang api. Dilanjutkan dengan “malam keakraban” dimana semua volunteer berbagi cerita tentang pengalaman mengajarnya dari awal hingga akhir. Malam keakraban kali ini terasa hangat. Traveling And Teaching kali ini sungguh berkesan buat Saya karena dari awal pertemuan (awal bertemu dengan rekan di kelas 4 sampai malam itu) tidak ada habisnya bahan untuk tertawa dan Saya merasakan kekompakkan juga kebersamaan di sini.

IMG-20160828-WA0106[1]  IMG-20160830-WA0087  IMG-20160830-WA0135

Malam itu sungguh terasa sangat sempurna buat kami dan tak akan pernah terlupakan. Keesokan harinya dilanjutkan dengan Traveling menuju air terjun Gitgit. Tentunya dengan penuh canda dan tawa, keakraban satu dengan yang lainnya. Terimakasih untuk semua teman-teman volunteer TnT 5. Saya sangat bersyukur dapat mengenal dan tertawa lepas bersama kalian terutama untuk tim kelas 4. Salam subuh!

“Education is your light in the darkness. Knowledge is your key of life. Dream is the destination to be enjoyed in your old age. Don’t waste time cause your life will be vain” -Adelyne Ghifary-

IMG-20160830-WA0173

Gallery photo lengkap kegiatan traveling & teaching 5 bisa dilihat >disini<

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *