Jl. Arjuna No.37, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80232

Partnership 081238236898 (Tegar) | Donation 081901000271 (Desy) bali@seribuguru.org

Serunya Sesi Interview di Traveling &Teaching 9

Mengawali awal tahun 2018, komunitas 1000 Guru Bali kembali mengadakan kegiatan Traveling and Teaching (TnT) yang ke – 9. Kali ini, kegiatan TnT 9 akan bertempat di sebuah desa yang berada di Kabupaten Buleleng. Pernah mendengar Desa Sepang? letaknya di Kecamatan Busung Biu, Kabupaten Buleleng, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam dari Kota Denpasar. Ada yang spesial yang akan dihadirkan pada TnT 9, dimana kegiatan Traveling and Teaching yang biasanya hanya dilaksanakan di satu sekolah, di TnT 9 ini, komunitas 1000 Guru Bali akan berbagi dengan adik – adik di dua sekolah sekaligus. Kegiatan TnT 9 akan berlangsung pada tanggal 3 – 4 Maret 2018 di SDN 5 dan 6 Sepang. Guna mendukung kegiatan TnT 9 kali ini, 1000 Guru Bali akan mengajak lebih dari 30 orang volunteer untuk bergabung bersama di Traveling and Teaching 9.

Pendaftaran TnT 9 berlangsung selama seminggu mulai tanggal 31 Januari sampai dengan 6 Februari 2018. Kerap kali muncul pertanyaan, apakah komunitas 1000 Guru Bali hanya terbatas untuk kalangan tenaga pengajar saja? tidak, kami terbuka untuk semua kalangan, dari bidang studi apapun dan bidang pekerjaan dimanapun, kami hanya mensyaratkan batas usia yakni 18 – 35 tahun. Lebih dari 120 peserta yang mendaftar untuk mengikuti TnT 9, dan hanya 66 yang berhasil mengikuti tahap selanjutnya yakni seleksi wawancara.

Berlokasi di Regents Primary School, seleksi wawancara berlangsung santai namun serius. Banyak keseruan yang terjadi selama proses seleksi berlangsung, yang awalnya nampak ketegangan di raut wajah mereka, seketika riuh dengan canda tawa. Peserta seleksi berasal dari berbagai daerah yang ada di Bali, bahkan ada yang harus menempuh perjalanan selama 2 jam untuk mengikuti seleksi wawancara kali ini. Tidak hanya guru, peserta seleksi juga terdiri dari berbagai latar belakang ilmu dan profesi, mereka berlomba menyuarakan visi, misi dan ide untuk dibagikan bersama dengan adik – adik di SDN 5 & 6 Sepang. Ada yang sudah menyiapkan bahan ajar, salah satunya dengan boneka jari untuk berdongeng bersama – sama nantinya dan ada juga seorang guru matematika yang sudah siap mengajarkan cara cepat berhitung.

Tidak hanya wawancara tatap muka, kami juga menyelenggarakan wawancara melalui video call bagi peserta yang tidak dapat hadir dan yang berada di luar Bali. Keseruan melalui video call pun tak kalah menariknya dengan yang bertemu langsung, walaupun sesekali harus berdamai dengan sinyal yang tidak selalu lancar. Dua orang peserta yang berada di pedalaman Yogyakarta harus rela turun gunung untuk mendapatkan sinyal yang mumpuni.

Akhirnya, hanya 33 peserta yang berhasil lolos untuk dapat bergabung di Traveling and Teaching 9. Apa yang kami nilai ? tentunya kami melihat peserta yang mempunyai dan mampu menyampaikan visi, misi dan ide yang akan dibagikan bersama adik – adik di Desa Sepang nanti, mempunyai pengalaman organisasi dan pernah terlibat dalam kegiatan sosial pun akan menjadi nilai tambah.

Selamat kepada volunteer yang telah berhasil bergabung di Traveling and Teaching 9 bersama 1000 Guru Bali dan tetap semangat bagi kakak – kakak yang belum beruntung, jangan lelah mencoba. Masih banyak adik – adik di daerah pedalaman Bali yang menunggu kisah – kisah inspiratif dari kakak – kakak sekalian. Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *